Sunday, January 7, 2018

Permainan Anak – Anak Populer

permainan anak
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa indonesia memiliki berbagai macam permainan yang sangat menyenangkan sekali untuk anak – anak. Permainan tradisional di indonesia memang sangat banyak sekali dan memiliki ciri khasnya masing – masing bila di bandingkan dengan negara lainnya. 

Namun hal yang sangat di sayangkan saat ini, kini permainan anak tradisional seiring berkembangnya teknologi, sedikit demi sedikit mulai punah dan dilupakan, saat ini anak – anak kebanyakan bermain di rumah dengan gadget masing – masing, apabila terus memainkan gadget tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak terutama mata. Selain itu, sebagai generasi muda tentunya harus melestarikan permaianan tradisional agar tidak dilupakan. 

Nah berikut ini saya akan paparkan beberapa permaianan yang sangat populer pada masanya.
  • Balap Karung

Permainan anak yang pertama adalah balap karung. Bagi anda generasi milenial pastinya tahu dengan permainan yang satu ini. Pada umumnya permainan ini selalu ada di pesta rakyat atau pada hari 17 agustusan. Permainan ini bukan hanya dimainkan anak – anak, bahkan orang tua pun memainkannya. Cara mainnya pun sangat mudah, anda tinggal memakai karung hingga menutupi kaki lalu anda berjalan dengan cara meloncat dari garis awal hingga garis akhir dengan pemain lainnya siapa yang tercepat sampai garis akhir maka dialah pemenangnya.
  • Boi – Boian

Untuk yang selanjutny adalah permaianan boi – boian permaianan anak ini dimainkan oleh beberapa orang selain itu permainan ini juga menjadi permaianan yang sangat populer sekali bagi anak – anak di masanya. Cara mainnya yaitu dengan menumpukkan pecahan genting dan juga bola kasti, setelah itu tim dibagi menjadi dua bagian untuk tim pertama bertugas sebagai penyusun genting untuk tim kedua bertugas untuk melemparkan bola kasti ke arah genting hingga hancur. Apabila genting hancur, tugas tim penyusun harus menyusunnya kembali sambil menghindari lemparan bola kearahnya. Apabila terkena bola maka akan gugur, hal ini juga berlaku bagi tim pelempar bola jika tidak mengenai aka gugur. Permainan ini akan berakhir ketika susunan genting sudah tersusun kembali ataupun tim lain gugur.

No comments:

Post a Comment