Thursday, September 14, 2023

Berikut Perkembangan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan



Di awal-awal kehidupannya, bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari pendengaran, penglihatan, sampai dengan kemampuan motorik. Perkembangan bayi memang berbeda-beda, namun Anda perlu mengetahui tonggak perkembangannya. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan. 

Perkembangan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan

Berikut ini merupakan perkembangan Si Kecil mulai awal kelahirannya sampai usia 6 bulan:

1. Bayi Usia 0 Sampai 1 Bulan

Di awal-awal kelahirannya, bayi belum bisa melakukan banyak hal. Pada umumnya, bayi bisa melakukan hal-hal seperti merespon suara, menatap wajah, melihat pola hitam putih, memutar kepala ke arah cahaya, dan mengangkat kepala saat tummy time atau ditengkurapkan.

2. Bayi Usia 2 Bulan

Bayi usia 2 bulan mulai bisa melakukan hal yang membuat Anda takjub. Salah satu contohnya yaitu menggenggam tangan atau ibu jari Anda. Selain itu, bayi juga bisa mengikuti wajah atau objek bergerak.

3. Bayi Usia 3 Bulan

Memasuki usia 3 bulan, bayi mulai mampu mengangkat kepala dengan stabil. Selain itu, bayi 3 bulan juga mampu mengenali wajah orang tuanya. Ia akan tersenyum ketika ada yang mengajak bercanda atau orang yang dikenal.

4. Bayi Usia 4 Bulan

Kemampuan bayi 4 bulan yaitu memegang kemudian menggoyang-goyangkan mainan. Selain itu, bayi juga mulai memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Saat tummy time atau tengkurap, bayi juga bisa mengangkat kepala dan dada untuk melihat ke depan.

5. Bayi Usia 5 Bulan

Bayi yang berusia 5 bulan mampu berguling dari posisi terlentang ke tengkurap, begitu pula sebaliknya. Jadi, Anda harus mengawasi Si Kecil jangan sampai jatuh. Kemampuan lain yaitu bermain dengan tangan atau kaki untuk menghibur diri.

6. Bayi Usia 6 Bulan

Ketika berusia 6 bulan, Si Kecil dapat duduk sebentar tanpa bantuan. Ia juga bisa memegang botol dengan kedua tangan, memukul lantai, berguling, dan lain sebagainya. Mulai usia 6 bulan Anda bisa memberikan makanan padat sebagai pendamping ASI (Air Susu Ibu).

Itulah pembahasan mengenai perkembangan bayi usia 0 sampai dengan 6 bulan. Untuk membantu perkembangan yang optimal, gunakan popok yang aman sekaligus nyaman. MAKUKU SAP Diapers ukuran NB atau newborn cocok untuk bayi baru lahir. Selain itu, ada juga ukuran lebih besar mulai dari S sampai XXL. Dapatkan MAKUKU SAP Diapers sekarang juga untuk Si Kecil!

No comments:

Post a Comment