Monday, December 12, 2016

Resep Membuat Martabak Telur Spesial

Resep Membuat Martabak Telur Spesial
Setiap orang tentunya telah mengenal makanan berupa martabak, makanan ini menjadi makanan yang pas disantap untuk bersantai saat bersama keluarga. Jenis martabak yang biasa dikenal yaitu martabak manis dan martabak telur. Khusus untuk membuat martabak telur juga tidak terlalu sulit, anda bisa mencobanya sendiri dirumah, dengan sedikit variasi maka anda sudah bisa membuat resep makanan enak dari martabak telur spesial.

Bagi anda yang ingin membuat resep makanan enak berupa martabak telur yang spesial maka berikut ini ada cara-cara mudah yang bisa anda lakukan dalam membuat martabak telur spesial. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kulit martabak :

Tepung terigu 200 gram
Telur 1 butir
Garam beryodium ¼ sendok teh.
Minyak goreng 50 gram sebagai bahan campuran dalam adonan kulit
Air bersih secukupnya.

Untuk isian :

Daging sapi 250 gram (cincang)
Telur bebek atau ayam ( 1 -2 butir per porsi)
Daun bawang 5 batang (iris halus)
Bawang putih 4 pcs (cincang)
Bawang merah 8 pcs (iris halus)
Bawang bombay 1 pcs (iris halus)
Lada bubuk ½ sendok the
Garam dapur dan penyedap rasa secukupnya

Untuk membuatnya terlebih dahulu buat kulit martabak, yaitu dengan masukan tepung terigu dengan garam dapur lalu aduk sampai rata, setelah itu tambahkan satu butir telur dan aduk kembali sampai rata. Kemudian anda masukan air bersih sedikit demi sedikit dengan terus diaduk sampai adonan menjadi kalis. Setelah adonan kalis anda bagi dua adonan menjadi bulatan-bulatan, lalu olesi bagian luar adonan dengan minyak dan diamkan selama 10-13 menit. 

Untuk membuat isiannya anda siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit saja, lalu masukan bawang merah, bawang putih, bawang bombay yang sudah halus dan aduk sebentar sampai harum. Masukan juga daging cincang dan aduk kembali sampai agak matang, setelah itu anda masukan bawang daun dan lada halus tumis lagi sampai daging cincang menjadi matang dan sisihkan.

Untuk membuat martabak telurnya anda ambil adonan dan pipihkan sampai melebar sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian ambil isian martabak, lalu masukan dalam kocokan telur dan tambahkan garam dapur atau penyedap rasa aduk sampai rata. Tuangkan isian pada kulit martabak lalu lipat ujung kulit sampai ketengahnya dan tertutup rata. Goreng martabak sampai matang.

No comments:

Post a Comment