Wednesday, December 20, 2017

Melatih Kecerdasan Emosional Anak

Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Seorang anak terkadang tidak mampu dan belum paham bagaimana cara mengendalikan emosinya. Ada beberapa cara agar anak memiliki kecerdasaan emosional yang tinggi, yang bisa orang tua latih bersamanya.

1. Jangan menuruti semua kemauannya
Tidak ada yang menyangkal bahwa kasih sayang orang tua itu sangat besar kepada buah hatinya. Namun bukan berarti orang tua harus mengikuti segala kemauannya. Ajarkan padanya bahwa tidak semua kebutuhannya akan terpenuhi, terlebih lagi jika dia memintanya dengan marah-marah

2. Mengajarkan pilihan bukan menuntut
Pada saat meminta, tidak jarang anak akan selalu menuntut agar kebutuhannya terpenuhi. Selain mengajarkan bahwa apa yang dia inginkan tidak selalu dia dapatkan, buatlah dia memilih atas keinginannya tersebut untuk dipenuhi. Agar dia belajar memproriaritaskan kebutuhannya.

3. Mengajarkan tanggung jawab atas keputusan
Setiap keputusan dan keinginan tentu memiliki konsekuensinya tersendiri. Untuk melatih kecerdasan emosional anak, ajarkan dia untuk mengerti dan mau bertanggung jawab atas apa yang telah diputuskannya apapun hasilnya.

4. Mengembangkan hobby
Setiap anak pasti memiliki hobbinya sendiri-sendiri. Jangan menghakimi apa yang disukainya, namun arahkan dia untuk mengembangkan hobby tersebut. Ini akan mengajarkan padanya cara menghargai potensi diri dan mengembangkan kreatifitas. Hal ini juga akan membuatnya lebih mandiri

5. Pertikaian saudara
Hal yang pasti terjadi di antara beberapa orang yang tinggal serumah, tentulah ada pertikaian yang terjadi. Biarkan anak menyelesaikan pertikaian dengan saudaranya, tentu saja bukan membiarkan begitu saja. Namun dampingi dengan memberikan masukan secara pribadi ke diri mereka masing-masing dan percayakan pada rasa kasih sayang mereka.

6. Berperilaku sama pada orang lain
Untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak, ajarkan padanya untuk berprilaku sama dengan apa yang ingin dia terima dari orang lain. Jika dia merasakan sakit atas suatu perbuatan dari orang lain, maka orang lain pun akan merasakan sakit yang sama jika dia melakukan hal tersebut pada temannya yang lain. Ajarkan untuk memahami hal tersebut.

Melatih kecerdasan emosional anak tentu bukan hanya dilakukan sekali duakali saja, namun harus dilakukan secara terus menerus. Lengkapi kecerdasannya dengan rangkaian produk Dancow untuk mengoptimalkannya

No comments:

Post a Comment