Sunday, December 1, 2019

Memberikan Keamanan Aplikasi Jenius

keamanan aplikasi jenius

Aplikasi perbankan digital saat ini tengah menjadi gaya hidup baru masyarakat. Jika dulu transaksi keuangan harus tatap muka ke perbankan, kini hanya tinggal klik di smartphone kalian masing-masing. Meski sekarang serba mudah, namun kita tetap perlu waspada dan berhati-hati. Layanan ini dikembangkan dan dikelola oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). 

Sekarang ini BTPN sedang masif melakukan edukasi secara berkala mengenai keamanan aplikasi Jenius dan data nasabah. Kegiatan yang dilakukan antara lain mengedukasi nasabah agar bisa membedakan email dan password untuk kebutuhan transaksi perbankan dengan kebutuhan yang lain (e-commerce, social media, maupun aplikasi-aplikasi lainnya), serta mengganti PIN dan password secara berkala. Edukasi tersebut disampaikan oleh pihak Jenius melalui berbagai media termasuk email, artikel, media sosial, push notification, hingga berbagai kegiatan bersama komunitas.


Beberapa tips di bawah ini adalah cara yang bisa dilakukan agar transaksi di akun Jenius aman:

Aktifkan Pengaturan Notifikasi
Selalu aktifkan pengaturan notifikasi Jenius di smartphone. Pengaturan bisa ditemukan di halaman Profile dan Settings.

Gunakan e-mail dan password terpisah
Hindari menggunakan satu alamat email dan password yang sama untuk berbagai aktivitas di dunia digital. Buat alamat email dan password yang terpisah dari kebutuhan lainnya.

Ganti PIN dan password secara berkala
Demi keamanan, pastikan untuk selalu rajin mengganti PIN dan password setiap beberapa waktu sekali.

Batasi penggunaan Wifi publik
Jaringan Wi-Fi publik yang tersedia gratis di tempat-tempat umum pun menjadi pilihan.
Walaupun begitu, hindari melakukan aktivitas yang sifatnya pribadi, seperti mengakses rekening perbankan, ketika gadget terhubung dengan koneksi Wifi publik.

Jaga kerahasiaan kode OTP
Tidak memberitahukan kode OTP kepada siapapun termasuk keluarga, kerabat dekat, petugas Bank, ataupun pihak lain yang mengaku sebagai karyawan atau wakil dari perusahaan yang mengirimkan kode OTP tersebut. Kode ini sifatnya rahasia.

Dengan beberapa tips di atas kamu bisa menjaga keamanan aplikasi jenius kamu dan juga data diri kamu. Sehingga bisa meminimalisir kebobolan.

No comments:

Post a Comment