Sunday, December 23, 2018

Macam - Macam Bahan Pengawet Makanan Sintetis

Bahan Pengawet Makanan
Bahan Pengawet Makanan Dalam suatu produk makanan atau minuman berkemasan agar tahan lama dan tidak cepat basi biasanya akan menggunakan bahan pengawet untuk makanan yang diperbolehkan untuk digunakan dalam industri pangan. Namun diantara bahan-bahan pengawet tersebut ada yang aman dan juga tidak aman bagi kesehatan. Maka dari itu, Anda harus mewaspadai ketika mengonsumsi makanan-makanan berkemasan dan harus mengetahui bahan pengawet apa yang digunakannya. Sekedar pengetahuan saja, Anda bisa mencari informasi mengenai bahan pengawet yang aman melalui internet atau buku-buku, sehingga Anda tidak khawatir lagi ketika menggunakannya. Berikut ini beberapa macam Bahan Pengawet Makanan sintetis atau buatan yang perlu Anda ketahui.
  • Benzoat, bahan pengawet untuk makanan ini adalah benzoat dapat dijumpai dalam bentuk natrium benzoat ataupun bentuk asam benzoat. Ada beberapa jenis softdrink yang menggunakan bahan pengawet ini, seperti sari buah, kecap, nata de coco, selai, agar-agar menggunakan bahan pengawet ini.
  • Asam asetat, di masyarakat dikenal dengan asam cuka, bahan pengawet ini menghasilkan rasa yang masam, jika terlalu banyak menggunakan bahan ini akan mempengaruhi pada rasa.
  • Propil galat, produk makanan yang mengandung lemak atau minyak, permen karet serta pada makanan sosis untuk memperlambat ketagihan, bahan ini digunakan sebagai antioksidan.
  • Sulfit, untuk bahan pengawet ini dapat Anda jumpai dalam bentuk natrium bisulfit atau garam kalium, jenis makanan yang menggunakan bahan ini seperti sari nanas, kentang, dan juga udang beku.
  • Propiant, bahan pengawet ini sering juga dgunakan adalah garam kalium atau natrium propianat dan pasam propianat, bahan ini dapat menghambat pertumbuhan bacillus masenteircus yang dapat menyebabkan kerusakan pada baha makanan. Biasanya digunakan pada produk keju dan roti.
Kalau Anda mengetahui beberapa jenis atau macam Bahan Pengawet Makanan tersebut, maka Anda juga akan tahu bahwa produk makanan apa saja yang menggunakan jenis-jenis bahan pengawet tersebut. Untuk bahan pengawet biasanya tertera pada komposisi kemasan produk, jika Anda berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan, maka dari itu jangan terlalu sering dan sewajarnya saja.

No comments:

Post a Comment